Kegiatan P5
Sekolah kami
Tema : Kearifan Lokal
Sub Tema : Makananku, Budayaku
Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang
menjadi kekayaan bangsa perlu mendapat perhatian bersama, terutama dari
kalangan pemuda dan pelajar. Indonesia yang kaya akan budaya lokal harus
menjadi modal utama dalam pembangunan nasional. Keberagaman yang ada di
Indonesia terlihat dalam kemajemukan masyarakat dan budayanya.
Kearifan lokal yang dimiliki oleh masing-masing
daerah tidaklah sama satu dan yang lainnya. Setiap peserta didik di
masing-masing daerah harus mengetahui jenis dan keanekaragaman kearifan lokal
yang ada di wilayahnya. Mengapa? agar dapat menumbuhkan rasa cinta peserta didik akan budaya daerahnya. Selain itu, dengan mencintai budaya daerah
di wilayahnya maka dapat menghalau pengaruh buruk budaya barat yang
dapat menghilangkan jati diri bangsa seperti pada masa globalisasi
sekarang ini. Kearifan lokal keberadaannya sangat dirasakan pada
penerapan nilai-nilai yang menjadi pegangan hidup masyarakat.
Kegiatan P5 (proyek penguatan profil pelajar
Pancasila) pada dasarnya membentuk pelajar yang berkarakter dan
berperilaku nilai-nilai Pancasila. Di tahun Pelajaran 2023/ 2024, Kegiatan P5 sekolah kami bertema Kearifan Lokal dengan Sub Tema Makananku Budayaku. Kegiatan-kegiatan yang dikembangkan dengan tema tersebut antara lain mengupas tuntas tentang berbagai jenis makanan yang ada di Betawi atau Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan P5 ini juga sebagai wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dalam berperan aktif melestarikan budaya lokal.
Alur Kegiatan P5 sebagai berikut :
1. Pengenalan : Makanan
kesukaanku; Ekplorasi
isu; Membandingkan makanan modern dengan tradisional.
2. Kontekstual : Refleksi awal; Merita tentang
makanan tradisional; Membuat
perencanaan; Mengembangkan
keterampilan dasar; Wawancara nara
sumber
3. Aksi : Membuat draft poster; Finalisasi poster;
Membuat makanan tradisional; Membuat draft Presentasi; Pertemuan mencoba rasa; Simulasi festival makanan tradisional;
Festival makanantradisional
4. Refleksi sekaligus evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar