Perpustakaan "CeMaRa" Sekolahku - SDN Pejaten Timur 22 Pagi

Terbaru


Senin, 13 Mei 2024

Perpustakaan "CeMaRa" Sekolahku

 


Perpustakaan "CeMaRa" Sekolahku
 
    Keberadaan perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dalam menunjang keberhasilan peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Terkait dengan hal tersebut maka pemanfaatan perpustakaan sekolah perlu mendapatkan perhatian khusus agar dapat dioptimalkan oleh seluruh warga sekolah.
 
        Perpustakaan sekolah merupakan bagian dari sarana dan prasana yang wajib ada untuk menunjang pendidikan.( UU nomor 20 tahun/ 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 23 ayati (1) UU nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan menyatakan bahwa, setiap
s e k o l a h / m a d r a s a h m e n y e l e n g g a r a k a n p e r p u s t a k a a n yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan standar nasional pendidikan. 
 
     Perpustakaan "CeMaRa" SDN Pejaten Timur 22 Pagi merupakan Sarana  yang menyediakan bahan bacaan untuk menambah pengetahuan dan wawasan selain itu berperan sebagai sumber belajar bagi peserta didik, guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat sekolah. Slain itu Perpustakaan Cemara juga memberikan layanan melayani peserta didik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya agar untuk memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan sesuai dengan kurikulum dan serta pembelajaran yang dilaksanakan.
 
        Dengan di bimbing oleh Bu Sumini sebagai pembina perpustakaan di sekolah. Perpustakaan ini memiliki Daftar Wajib Kunjung, Jadwal Piket Petugas Perpustakaan, Jadwal Pinjam dan pengembalian Buku yang baik. Kegiatan di perpustakaan kami dapat berjalan dengan lancar. Walaupun Ruangan Perpustakaan "Cemara"  hanya 3 x 8 meter persegi, dan koleksi buku yang masih sedikit juga bermanfaat buat peserta didik kami.  Alhamdulillah setiap hari ruangan perpustakaan kami dapat menampung sekitar 20 peserta didik yang berminat untuk membaca.

             Ada beberapa Hal yang menjadi perhatian agar perpustakaan "Cemara" dapat dioptimalkan antara lain :
  1. Memberi kesempatan membaca kepada peserta didik. (baik bebas maupun terbimbing)
  2. Menata koleksi bahan pustaka sesuai dengan jenjang baca peserta didik
  3. Membiasakan peserta didik meminjam buku 
  4. Memberikan penghargaan bagi pemustaka aktif, yakni pemustaka yang sering datang
    dan meminjam buku di perpustakaan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar